Rabu, 24 Juli 2013

PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN
KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VIII E
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12
PONTIANAK

SKRIPSI


OLEH

ADI DHARMA PUTRA
NIM. 120506479







                                Diajukan Sebagai Syarat Memperoleh Gelar Kesarjanaan
Pada Program Studi Bimbingan dan Konseling



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
S T K I P – P G R I
PONTIANAK
2 0 1 3












PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN
KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VIII E
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12
PONTIANAK




SKRIPSI


OLEH

ADI DHARMA PUTRA
NIM. 120506479




Menyetujui :





 Pembimbing Utama                             Pembimbing Pembantu



                                    Drs.H. Zainuddin, M.Pd                       Eli Trisnowati, S.Pd, M.Pd









KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga skripsi yang berjudul “ Program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak” dapat diselesaikan.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu sumbangan dan masukan yang konstruktif sangat penulis harapkan demi kesempurnaan skripsi ini.
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan kepada :
1.      Drs. H. Zainudin, M.Pd selaku pembimbing utama sekaligus yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam menyelesaikan skripsi ini.
2.      Eli Trisnowati, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing pembantu yang telah membimbing saya dalam menyelesaikan skripsi ini.
3.      Prof. Dr. H. Samion. AR, M.Pd selaku ketua STKIP-PGRI Pontianak yang telah memfasilitasi kepada saya dalam menjalani proses perkuliahan.
4.      Drs. H. Siswoyo, M.Pd selaku Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling.
5.      Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pontianak yang telah memberikan kesempatan saya melakukan pra survei.
6.      Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pontianak yang telah membantu dalam pelaksanaan penelitian.
7.      Para siswa-siswi kelas VIII E yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan penelitian ini.
8.      Rekan-rekan mahasiswa yang turut membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam penulisan skripsi ini yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Akhir kata penulis harapkan semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat serta dapat menjadi suatu bahan kajian terutama dalam kaitan dengan Bimbingan Konseling.

                                                                                    Pontianak, Juni 2013


                                                                                                            Peneliti

















PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi dengan judul : ”Program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas VIII E 12 Pontianak” beserta isinya adalah benar-benar karya sendiri, dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan. Atas pernyataan ini saya siap menanggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian hari ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, atau klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.



Pontianak,  Juni 2013
Yang membuat pernyataan
                                                                                                    


              Adi Dharma Putra
                                                           


           





ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak. Dengan Masalah umum bagaimanakah program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak dengan sub masalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah gambaran umum mengenai komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak ? (2) Bagaimanakah gambaran aspek komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak ? (3) Bagaimanakah rancangan program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak ?.
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk merumuskan program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak, dengan tujuan khusus untuk memperoleh informasi mengenai : (1) gambaran umum komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak (2) gambaran aspek komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak. (3) rancangan program bimbingan pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak. Variabel dalam penelitian ini adalah program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk survey. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpulan data adalah angket.
Berdasarkan analisis data angket secara umum dapat disimpulkan bahwa rumusan program bimbingan pribadi untuk meningkatkatkan komunikasi antar pribadi siswa dirancang dengan menganalisis kebutuhan siswa melalui aspek komunikasi antar pribadi. Secara khusus dapat diuraikan kesimpulan sebagai berikut : (1) program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak dirancang berdasarkan kebutuhan siswa yang merujuk pada program bimbingan dan konseling komprehensif, (2) komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Pontianak termasuk kategori yang “cukup baik”. Dengan aspek-aspek (a) inisiasi dengan kategoricukup baik”. (b) sifat mau mendengarkan dengan kategoricukup baik”. (c) Pengungkapan diri dengan kategoricukup baik (d) dukungan emosional dengan kategoricukup baik”. (e) pengelolaan konflik dengan kategori “cukup baik”.
Berdasarkan kesimpulan dapat diajukan saran-saran : (1) Bagi siswa siswa diharapkan mampu meningkatkan komunikasi antar pribadinya, terutama berkaitan dengan kemampuan dalam menciptakan suasana yang nyaman, santai tanpa masalah dalam berhubungan, saling keterbukaan, menjadi mendengar yang baik bagi mitra bicaranya, saling memberi dukungan dan mengelola konflik jika menghadapi permasalahannya. (2) Bagi Guru pembimbing dapat mempertimbangkan rancangan program bimbingan pribadi untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi yang telah peneliti buat. Karena beberapa komponennya dibuat berdasarkan kebutuhan siswa yang telah dianalisis melalui angket (3) Bagi Kepala sekolah hendaknya memfasilitasi segala bentuk program yang dirancang guru pembimbing guna tercapainya tujuan yang telah dirumuskan.. (4) Bagi guru mata pelajaran guru mata pelajaran selalu berkoordinasi dengan guru pembimbing  mengenai komunikasi siswa,  hal harus sering dilakukan mengingat guru mata pelajaran  yang sering kali bertatap muka dengan siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar